Tak Semua Aplikasi Cocok Pakai Blockchain Meski Lebih Efisien

Tak dapat dimungkiri, teknologi blockchain memang sedang populer dan menarik perhatian banyak orang di berbagai negara.

Disebutkan, teknologi ini dapat membuat proses bisnis yang terjadi lebih efisien. Informasi, blockchain merupakan basis data global online yang dapat diakses siapapun via internet.

Blockchain

Terlepas dari hal tersebut, apakah sistem blockchain ini dapat digunakan dalam pengembangan semua aplikasi?

"Tidak seluruh aplikasi cocok menggunakan blockchain," ucap pengamat IT dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Budi Raharjo.

"Ini karena pada dasarnya sistem blockhain sendiri, hanya sesuai digunakan bila proses bisnisnya distribusi."

Ia menambahkan, "Banyak orang yang menambahkan embel-embel blockchain supaya meningkatkan inilah itulah, padahal belum tentu cocok kalau bisnis prosesnya gak distributed."

Proses distributed yang dimaksud adalah jika para pelaku bisnis menginginkan sistem untuk dilakukan blockchain, mereka harus memiliki database dari stakeholder-nya masing-masing, dan satu sama lain mendukung.

"Jika syarat itu tak terpenuhi, tidak perlu memaksakan untuk melakukan blockchain," katanya.

Keamanan Blockchain

Sejalan dengan makin populernya blockchain di masyarakat, Blockchain Zoo, salah satu perusahaan yang konsisten terjun di teknologi tersebut makin giat berbagi pengetahuan tentang sistem yang masih baru ini.

Upaya untuk terus memperkenalkan blockchain juga diutarakan CEO & Chairwoman Blockchain Zoo, Pandu Sastrowardoyo.

Saat mengisi Konferensi Big Data Indonesia 2018, ia mengatakan blockchain dapat dipakai melakukan agregasi data yang dapat dikontrol.

"Kalau menggunakan blockchain, data bisa teragregasi, bisa terkumpul, tapi tidak dimiliki oleh yang mengumpulkan, melainkan tetap berada di pemilik data," tuturnya saat memberikan paparan di Konferensi Big Data beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia mengatakan, penyimpanan data akan sangat aman bila menggunakan blockchain sebab data akan dienkripsi lebih dulu dalam satu blok. Setelah itu, dibagikan ke blok yang lain untuk dienkripsi lagi, begitu seterusnya.

Perusahaan atau lembaga yang memakai teknologi blockchain, data yang telah tersimpan tidak dapat diubah. Karena itu, data dipastikan akan tetap aman. Meski data tak dapat diubah, masih dapat diperbarui jika terdapat pembaruan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment